Tips Mudik Dengan Kendaraan Umum

Sumber: http://nasional.news.viva.co.id
Lebaran tinggal sebentar lagi, di Indonesia sendiri ada tradisi unik disaat lebaran, yakni mudik atau biasa juga disebut pulang kampung. Mudik adalah sebuah kegiatan dimana para perantau kembali ke kampung halaman. Biasanya orang Indonesia melaksanakan tradisi ini sekitar 1 minggu sebelum lebaran sampai 1 minggu setelah lebaran. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga dikampung halaman. Orang-orang bahkan rela berdesak-desakan dan bermacet-macetan demi melaksanakan tradisi unik ini.
Biasanya para pemudik mudik menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Nah kali ini saya akan memberikan tips mudik untuk yang menggunakan kendaraan umum, untuk tips mudik dengan kendaraanpribadi dapat dibuka disini.
Persiapkan tiket jauh-jauh hari
Biasanya tiket mudik sudah habis dari jauh hari, bahkan biasanya sebulan sebelum lebaran tiket mudik sudah habis dahulu. Oleh karena itu usahakan sudah mempersiapkan tiket mudik dari jauh hari.

  1. Sebelum pergi usahakan istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup bertujuan untuk menjaga stamina ketika mudik.
  2. Buatlah daftar barang bawaan
Hal ini bertujuan supaya anda dapat memilih barang apa yang kira-kira perlu dibawa. Dan ingat jangan membawa barang bawaan terlalu banyak.
  3. Bawalah obat-obatan pribadi.
  4. Tidak menggunakan perhiasan berlebihan dan berpakaian  sewajarnya
Sebaiknya tidak menggunakan perhiasan dan berpakaian sewajarnya karena hal ini dapat menghindarkan anda dari tindak kejahatan.
  5. Bawa uang secukupnya
Ketika mudik dengan kendaraan umum usahakan membawa uang secukupnya dan tidak terlalu banyak. Seperti uang untuk transportasi dan untuk makan, serta jangan lupa bawa uang kecil untuk ke Toilet.
  6. Jaga diri baik-baik
Ketika anda mudik dengan menggunakan kendaraan umum, anda akan bertemu dengan banyak orang. Waspadalah jika ada yang menawari makanan atau minuman, usahakan membawa makanan atau minuman sendiri.
  7. Periksa barang bawaan
Ketika turun dari kendaraan periksa barang bawaan kembali, pastikan tidak ada barang yang tertinggal 
  8. Selalu Berdoa
Selalu berdoa suapaya dapat selamat sampai tujuan.


Sekian tips dari saya semoga anda selamat sampai kekampung halaman dan dapat berkumpul dengan keluarga.