Tips Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Biasanya masyarakat Indonesia mudik dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Pada artikel ini saya ingin memberikan tips supaya nyaman ketika mudik dengan kendaraan pribadi

1. Sebelum pergi usahakan istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup bertujuan untuk menjaga stamina ketika mudik.

2. Buatlah daftar barang bawaan
Hal ini bertujuan supaya anda dapat memilih barang apa yang kira-kira perlu dibawa. Dan ingat jangan membawa barang bawaan terlalu banyak.

3. Siapkan kendaraan
Pastikan kendaraan anda siap untuk perjalanan yang cuku jauh, periksa tekanan ban, periksa oli mesin, serta periksa rem. Bahkan agar lebih aman, ada baiknya sebelum mudik bawa kendaraan anda ketempat service.

4. Membawa surat-surat berkendara
Selalu membawa surat kendaraan seperti SIM dan STNK kendaraan yang anda bawa.

5. Cek perlengkapan kendaraan
Pastikan anda membawa perlengkapan kendaraan seperti donkrak, obeng, tang, kunci pas, serta ban serep, dan lain-lain. Dan jangan lupa membawa segitiga pengaman. Dan untuk pengendara motor jangn lupa membawa Jas hujan.

6. P3K serta obat-obatan
Sebelum pergi mudik periksa dulu kelengkapan isi kkotak P3K, periksa juga masa berlaku dari obat-obatan.

7. Mengendarai dengan baik
Jangan pernah melanggar rambu lalu lintas, jangan pernah melaju melewati batas maksimum serta jngan juga kurang dari batas minimum, melajulah dengan kecepatan stabil dan jaga jarak dari kendaraan lain.

8. Jangan bermain HP ketika megemudi
Ketika mengemudi kita harus konsentrasi dan tetap fokus, jika memang terpaksa harus menjawab atau menelfon, lebih baik menepi terlebih dahulu.

9. Menjaga Stamina
Beristirahatlah ketika anda sudah merasa lelah dan mengantuk, jangan memaksakan mengemudi dalam keadaan lelah dan mengantuk. Carilah posko-posko mudik untuk beristirahat.

10. Berdoa
Selalu berdoa supaya selamat sampai tujuan.

Sekian tips dari saya semoga anda selamat sampai kampung halaman dan dapat berkumpul dengan keluarga.